Home » PAGE 3.18 - Story of the Day » Aksi Bersih-Bersih Sungai Ciliwung

Aksi Bersih-Bersih Sungai Ciliwung

KRAMAT JATI – Ratusan anggota Pramuka melakukan bersih-bersih Sungai Ciliwung kemarin (25/4). Dalam aksi nyata itu, hadir Kepala Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault, Selcretaris Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Rasio Ridho Sani, serta Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana. Tampakpula artis Sha hie Febriyanti yang juga menjadi pengurus Pramuka.

Kegiatan yang dipusatkan di seldtar Jalan Ciliwung Raya, Kelurahan Cililitan tersebut, berlangsung semarak Para anggota membersihkan sungai yang dulu dikenal dengan nama Ciliwung Queen of the East itu secara bergantian. Acara tersebut juga dilaksanakan untuk memperingati Hari Bumi Internasional.

Menurut Adhyaksa, sungai memiliki potensi dan manfaat yang sangat besar. Dan i Sungai Ciliwung, bahan baku air bersih didapat. Karena itu, potensi tersebut mesti terus dijaga. “Daripada ilcutan pesta bikini, lebih balk membersihkan Sungai Ciliwung,” kata mantan menteri pemuda dan olahraga itu. Adhyaksa menegaskan, para pelajar harus didorong untuk aktif melakukan gerakan positif. Kegiatan negatif seperti pesta bikini harus benar-benar dicegah. Mereka harus didrahkan mencintai Tuhan dan bersyukur atas kenikmatan yang diberikan- Nya. Nah, kenikmatan terbesar dari Tuhan setelah keimanan adalah tanah dan air. Karena itu, keduanya perlu dijaga.

Ke depan, lanjut Adhyaksa, pihaknya akan intensif mengim- bau sekolah-sekolah melalui kwartir cabang (kwarcab) melak- sanakan kegiatan positif seperti bersih-bersih Sungai Ciliwung. “Kegiatan positif itu sangat baik.

You can’t save your world, but you can improve your com- munity,” ujarnya.

Rasio Ridho Sanimenambahkan, memperbaiki kualitas sungai adalah salah satu upaya pelestarian lingkungan. Namun, upaya tersebut tidakbisa berjalan tanpa kesadaran masyarakat. Terutama mereka yang tinggal di sekitar sungai. “Dengan antu- siasme komunitas Gerakan Ciliwung Bersih dan adik-adik Pramuka, paling tidak persoalan Ciliwungbisateratasi,” ungkapnya. Menurut Ridho, saat ini, Jakarta sangat membutuhkan ruang terbuka hijau (RTH). Di antaranya, memanfaatkan bantaran sungai. Upaya itu juga bisa menjaga kelestarian Sungai Ciliwung. Dia menuturkan, kementerian sudah menjadikan Sungai Ciliwung sebagai prioritas untuk ditangani. “Dalam lima tahun in kami akan meningkatkan konservasi di hulu,” jelasnya.

Salah satunya, sambung Ridho, mendorong masyarakat di bantaran sungai mengolah sampah dengan baik. “Kami sudah siapkan anggaran tahun ini bersama Kemen- terian PU. Saya tidak hafal jumlahnya,” katanya.

Selain bersih-bersih sungai dan bantaran, dalam kegiatan yang bertajukBumiku Biru itu, ada penanaman pohon. Kegiatan Pramuka kemarin tersebut semarak dengan kehadiran komunitas Exotic Pets Owner Society (Expose) beserta beberapa satwa. Mulai burung hantu, anak buaya, hingga beragam jenis ular. “Kegiatan ini sangat bagus. Di sini, kami bisa lebih mengenal Ciliwung,” tutur Diana Puspita Putri, siswa SMAN 62 yang juga anggota Pramuka. (rya/col/hud)


Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s