Masyarakat Tertolong oleh Program JKN


DIREKTUR Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fahmi Idris mengatakan, hingga saat ini telah banyak masyarakat yang tertolong atas kehadiran program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
“Hal itu ditandai dengan realisasi biaya manfaat yang hingga 31 Desember 2014 mencapai Rp42,65 triliun,” kata Fahmi Idris pada acara Public Expose BPJS Kesehatan di Kantor BPJS Kesehatan, Jakarta, kemarin.
Menurut dia, realisasi biaya manfaat berupa biaya pelayanan kesehatan perorangan meliputi. biaya promosi, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.
“BPJS Kesehatan telah melakukan pembayaran kapitasi sebesar Rp8,34 triliun kepada 18.437 fasilitas kesehatan tingkat pertama dilakukan secara tepat waktu, yakni tanggal 15 setiap bulan,” katanya.
Selain itu, sebesar Rp34,31 triliun untuk membayar 1.681 fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL) atau rumah sakit, dengan waktu pembayaran Maim rata-rata 13 hari atau lebih cepat dari ketentuan undang-undang maksimal 15 hari.
“Biaya manfaat tersebut untuk membayar sebanyak 6,17 juta kunjungan pasien rawat jalan tingkat pertama di puskesmas, dokter praktik perorangan, dan klinik pratama atau swasta,” katanya.
Kemudian 511.475 kasus rawat inap tingkat pertama di FKTP serta 21,3 juta kunjungan pasien rawat jalan tingkat lanjutan dan sebanyak 4,2 juta kasus rawat inap tingkat lanjutan.
Pengelolaan dana tersebut, kata dia, telah dilakukan dengan baik dan dibuktikan dengan diperolehnya opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atau wajar tanpa modifikasi (WTM) dari kantor akuntan publik. (Ant/H-1)
Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s