Home » PAGE 3.2 - Berita Koran » Online Media » Keberadaan Jurnalis Asing di Papua Bisa jadi Bumerang Bagi Jokowi

Keberadaan Jurnalis Asing di Papua Bisa jadi Bumerang Bagi Jokowi

REPUBLIKA, — Mantan Anggota DPD asal Papua Paulus Yohanes Sumino mengingatkan potensi penyalahgunaan dari kebijakan pembukaan akses pada wartawan asing untuk meliput di Papua. Paulus mengatakan, keberadaan media asing dapat dimanfaatkan oleh sekelompok masyarakat yang menginginkan kemerdekaan.

“Itu kelebihan dosis yang bisa membahayakan. Ketidakpuasan Papua bisa di-blow up wartawan asing dan itu bisa jadi bumerang yang membahayakan Jokowi,” kata Paulus saat dihubungi, Sabtu (16/5).

Paulus mengatakan, ketidakpuasan masyarakat terhadap pemerintah Indonesia sangat rentan untuk dimanfaatkan. Belum lagi, lanjutnya, persoalan Hak Asasi Manusia (HAM) yang masih belum selesai di Papua yang juga rawan menjadi bahan provokasi.

Oleh karena itu, Paulus meminta pemerintah untuk tidak terlalu membebaskan wartawan asing dan melakukan pengawasan dengan sangat ketat.

“Menkominfo harus mampu kendalikan dengan kebijakan yang bijaksana, dibuka dalam koridor tertentu tapi juga diberikan warning. Cina terbuka tapi tidak semua dibuka. Eropa, Amerika juga begitu,” ujarnya.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi membebaskan wartawan asing masuk ke Papua untuk melakukan liputan. Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan, izin tersebut diberikan agar jurnalis asing dapat melihat situasi di Papua seperti apa adanya dan tidak ada lagi seperti yang diberitakan di luar.

Namun, kata Tedjo, wartawan asing boleh masuk dengan syarat tidak memberitakan fitnah, hal-hal yang tidak nyata dan menjelekkan Indonesia.


Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s