Home » PAGE 3.2 - Berita Koran » Media Indonesia » Media Indonesia, “Istana Klarifikasi Keppres Bodong”

Media Indonesia, “Istana Klarifikasi Keppres Bodong”

BEREDARNYA Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 766P/XII/2014 tentang Pengangkatan Bambang Widodo sebagai Dirjen Imigrasi membuat pihak Istana Kepresidenan gerah.

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan keppres tersebut diduga palsu alias bodong karena keppres terakhir yang dikeluarkan Presiden Jokowi pada 2014 bernomor 151, sedangkan keppres bodong itu bernomor 766. Selain itu, kata Andi, kode dalam keppres itu bukan mink Setneg ataupun Setkab.

Andi pun menegaskan hingga saat ini posisi Dirjen Imigrasi masih diisi oleh pejabat pelaksana tugas (plt) dan belum ada usulan nama untuk mengisi jabatan itu. Pihak Istana telah meminta Kemenkum dan HAM untuk menyelidiki keppres bodong tersebut.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi menegaskan Presiden Jokowi tidak pernah meneken keppres terkait dengan pengangkatan Bambang Widodo sebagai Dirjen Imigrasi.

“Belum pernah ada keppres diterbitkan oleh Presiden Jokowi terkait dengan Dirjen Imigrasi, tidak ada, tidak perlu ditanggapi,” katanya di Istana Negara, Jakarta, kemarin.

Ketika disinggung coal pansel yang pernah dibentuk pada era Menkum dan HAM Amir Syamsuddin, Yuddy menilai itu merupakan pro duk pemerintah sebelumnya. “Pemerintahannya kan beda. Presiden itu pemegang kekuasaan tertinggi aparatur sipil negara, jadi dia bisa mengganti siapa saja, menganulir siapa saja,” tuturnya.

Politikus Hanura itu kembali menegaskan bahwa Presiden Jokowi tidak pernah meneken keppres terkait posisi Dirjen Imigrasi. Ia mempertanyakan dari mana keluarnya keppres yang tidak jelas itu.

Sementara itu, sejak Senin (18/5), Kemenkum dan HAM mulai menyeleksi 19 calon yang akan mengisi posisi-Dirjen Pas, Dirjen Imigrasi, dan Dirjen Peraturan Perundang-undangan. Sebanyak 16 calon berasal dari internal dan tiga dari eksternal.

“Kita lakukan seleksi terbuka. Kami umumkan lewat website kementerian,” jelas Humas Kemenkum dan HAM Fitriadi Agung Prabowo. (Kim/Ami/P-3)


Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s