Home » PAGE 3.11 - Komunitas & Sosial » Klub Motor » Klub Motor Dilarang Pakai Rotator

Klub Motor Dilarang Pakai Rotator

SURABAYA – Deklarasi diucapkan 150 klub motor. yang memenuhi Taman Bungkul, Kota Surabaya, Jumat malam (12/6). Para biker itu berharap masyarakat bisa punya persepsi positif terhadap kegiatan mereka. Polisi mengingatkan, dengan adanya deklarasi tersebut, para biker tidak boleh merasa menang sendiri di jalan Mereka tetap harus menjadi pelopor lalu linte. Sebab, ada sejumlah kebiasaan klub motor yang masih melanggar aturan. “Deklarasi kemarin (Jumat, Red) jangan sampai malah membuat mereka melanggar aturan lalu lintas,” ucap Wakasatlantas Polrestabes Surabaya Kompol I Made Dhanu Ardhapa kemarin (13/6).

Selama ini para biker memang menanggung beban yang cukup besar. Mereka dicap mengganggu ketertiban jalan. Misalnya, ketika konvoi keliling kota maupun touring. Mereka tidak boleh menguasai seluruh bagian jalan. Sebab, ruas jalan juga menjadi hak pengguna jalan lainnya.

Selain itu, mereka tidak diperbolehkan menggunakan lampu rotator. Biasanya, untuk memperlancar perjalanan, ada yang sengaja memasang lampu rotator itu di salah satu bagian motornya. Secara otomatis, pengguna jalan lainnya di depan mereka akan minggir. Hal itu jelas mengganggu kenyamanan berkendara. “Rotator itu tidak diperbolehkan,” imbuhnya.

Alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 2002 itu menambahkan, ada tiga jenis lampu rotator yang tercantum dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas. Yang pertama berwarna biru untuk korps kepolisian. Lalu, ada lampu merah yang ditujukan untuk ambulans maupun mobil pemadam kebakaran (PMK). Terakhir, ada rotator kuning yang dipakai untuk kendaraan dengan muatan berat seperti trailer. “Jadi, selain kendaraan-kendaraan itu, tidak ada yang boleh memakai rotator,” tambah Dhanu.

Polisi tidak akan tebang pilih terhadap klub motor yang memakai lampu rotator. Mereka akan menindak tegas bila menemukan biker yang menimbulkan polusi cahaya tersebut. “Sebelumnya kami pernah kok menghentikan dan menilang mereka yang pakai rotator,” ucap Dhanu.(did/eko/c6/ano)


Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s