Home » PAGE 3.2 - Berita Koran » Kompas » Perdamaian Poso, Jusuf Kalla Dianugerahi Penghargaan Harmoni

Perdamaian Poso, Jusuf Kalla Dianugerahi Penghargaan Harmoni

POSO, KOMPAS — Wakil Presiden Jusuf Kalla dianugerahi penghargaan Ilarmoni oleh masyarakat Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Kalla diberi penghargaan atas jasanya sebagai inisiator sekaligus pemrakarsa perdamaian atas konflik sosial di Poso sekitar 13 tahun silam.

“Saya bertcrima kasih atas penghargaan dan persahabatan yang selama ini saya terima di Poso dan Sulteng. Masih terirrgat kita semua apa yang terjadi 17-15 tahun lalu tenting konflik yang mendera daerah ini, yang meruntuhkan asas-asas kekeluargaan dan keharmonian yang terjalin sejak dahulu. Namun, dengan kesadaran dan upaya kita semua, perdamaian dan harmoni telah kita jalankan kembali demi kehidupan masyarakat,” kata Wapres, Selasa (16/6), pada acara Puncak Poso Harmoni di Lapangan Maroso, Kabupaten Poso.

Penghargaan tersebut diserahkan olch Bupati Poso Piet Inkiriwang disaksikan ribuan warga Poso. Kalla dinilai memberikan andil yang bestir dalam penyelesaian konflik sosial di Poso pada 1998-2001. Kalla yang saat itu menjahat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat pada era pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri, pada 20 Desember 2001 menginisiasi perjanjian Malino untuk mendamaikan dua kelompok masyarakat yang bertikai.

“Harmonisasi di Poso terjadi karena figur Bapak (Kalla). Harmoni yang telah Bapak mulai telah dinikmati rakyat Poso saat ini. Kini, persatuan rakyat Poso tidak tergoyahkan. Jangan lagi tcrpecah, jangan ada lagi darah tertumpah, dan jangan ada lagi air mata di Poso,” kata Piet.

Radikalisme
Di sisi lain, Wapres melihat, setelah konflik sosial di Poso bisa diatasi, akhir-akhir ini justru timbul masalah radikalisme dari beberapa kelompok masyarakat yang datang dari luar. Kehadiran kelompok teroris yang menjadi buron dan hersemhunyi di wilayah Poso telah merusak citra masyarakat Poso. “Peran tokoh masyarakat, ulama, tokoh agama, sangat penting untuk memelihara perdamaian dan kerja sama yang sudah ada,” katanya.

Acara Puncak Poso Harmoni juga dimeriahlum dengan Ekshibisi Pembclajaran Harmoni dan pementasan teater Harmoni. Lebih dari 500 siswa SD dan SMP membawakan tarian daerah secara kolosal yang menggambarkan harmoni dari kemajemukan masyarakat Poso. (WHY)


Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s