Home » PAGE 3.18 - Story of the Day » Kolom Perspektif, "Komunikasi Politik Presiden Joko Widodo"

Kolom Perspektif, "Komunikasi Politik Presiden Joko Widodo"

KORAN JAKARTA, — Bulan puasa adalah kemenangan, di mana kaum Muslimin diuji kesabaran, kesalehan, dan kepeduliannya terhadap sesama terutama yang kurang beruntung dari sisi materi. Bulan puasa juga tempat kaum Muslimin dan umat lain mempererat silaturahmi. Acara buka puasa menjadi tradisi kaum Muslimin Indonesia dan sejumlah negara, untuk mempererat silaturahmi serta ajang mendikusikan berbagai persoalan dari masalah keagamaan hingga kenegaraan.

Tradisi buka puasa bersama di antara sesama keluarga, sahabat, kolega, pemimpin dan rakyat sangat menonjol di Indonesia. Dimensi sosial dan keagamaan menyatu dalam acara buka puasa bersama. Terasa tidak ada jarak antara pemimpin dan rakyat ketika buka puasa tiba. Inilah momen paling dinanti mereka yang berpuasa. Ketika buka puasa digelar bersama, semua terasa aman, damai, menyejukkan.

Dalam konteks silaturahmi dan tradisi buka puasa bersama, Presiden Joko Widodo tak mau menyiakan momen untuk menggalang silaturahmi semua pemimpin baik dari kalangan eksekutif, yudikatif, maupun legislatif. Maka se- lama tiga hari berturut-turut sejak Selasa (23/6) hingga Kamis (25/6) kemarin, Presiden selalu hadir dalam undangan buka puasa yang diadakan di tempat tinggal Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPR Setya Novanto, dan rumah Ketua DPD Irman Gusman.

Yang menarik, dalam acara buka puasa di tiga tempat tersebut hadir pula para pemimpin dari semua kekuatan politik yang selama ini terkonsentrasi dalam dua kubu: Koalisi Indonesia Hebat dan Koalisi Merah Putih. Publik pun menyaksikan suasana keakraban para pemimpin bangsa dengan pandangan positif.

Dalam ketiga acara buka puasa bersama itu, Presiden memang tidak berpidato, tidak menyampaikan hal .hal yang serius mengenai kondisi bangsa. Namun kedatangan dan pertemuannya dengan para pemimpin parpol, pemimpin lembaga negara, dan institusi menentukan republik ini. Ini menjadi pesan penting pada rakyat bahwa  pemimpin Arab dan bisa berkomunikasi langsung dengan mereka yang selama ini berada di luar pemerintahan.

Namun demikian, Presiden yang menjadi pusat perhatian media tetap menjawab saat wartawan mengonfirmasi rencana perombakan kabinet atau reshuffle. Walaupun jawaban kepala negara juga masih normatif, membuat media mendapat perkembangan atau update terakhir.

Misalnya, ketika presiden mengatakan dalam waktu dekat akan membaca semua laporan menteri dan kepala lembaga yang diminta membuat review kinerja selama enam bulan lalu dan enam bukan ke depan.

Presiden juga menegaskan lagi bahwa evaluasi atas kinerja menteri dilakukan setiap hari. Ini membersitkan sinyal, reshuffle memang akan dilakukan tidak terlalu lama lagi, mungkin setelah Idul Fitri.

Langkah Presiden selama ini dalam kaitan menjalin komunikasi politik dengan para tokoh dan pemimpin parpol, dipuji Ketua MPR Zulkifli Hasan. Menurut Ketua Umum PAN ini, upaya Presiden menjalin komunikasi politik telah mencairkan hubungan di antara pemimpin yang selama ini terasa kaku. Tindakan Presiden juga menambah akrab hubungan para pemimpin yang memang mulai membaik.

Kita pun mengapresiasi langkah komunikasi politik Presiden sebagai upaya mempersatukan visi para pemimpin karena masa depan bangsa bukan saja ditentukan mereka, tapi juga para pemimpin yang berpengaruh dan berbasis di tingkat bawah.

Sudah selayaknya komunikasi politik Presiden dan para pemimpin menjadi contoh elemen masyarakat untuk saling bersilaturahmi, mempererat tali persaudaraan dan kebangsaan.

Ujungnya mencari solusi atas berbagai persoalan kemasyarakatan dan kebangsaan guna meningkatkan mutu SDM, kesejahteraan, dan martabat bangsa di mata dunia internasional.


Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s