Home » PAGE 5.8 - Provinsi DKI Jakarta » DKI Luncurkan Portal Open Data

DKI Luncurkan Portal Open Data

JAKARTA — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan website open data. Di dalamnya terdapat informasi tengkap tentang pembangunan dan kinerja Pemprov DKI Jakarta.

Seluruh informasi dari Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) dapat dilihat melalui website resmi http://data.jakarta.go.id.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Tuty Kusumawati mengatakan, adanya web tersebut dilandaskan dari Peraturan Gubernur Nomor 181 Tahun 2014 tentang Sistem dan Prosedur Pengelolaan Data dan Informasi Pembangunan. “Open data ini lebih akurat, dinamis, lengkap, dan terintegrasi,” kata Tuty di Balai Agung, Balai Kota Jakarta, Selasa (30/6).

Tuty menyebutkan Pemprov DKI menjadi pionir sebagai penyumbang data set terbesar di tingkat nasional. Dalam peluncuran ini, DKI sudah menerbitkan sebanyak 403 data set.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama turut memberikan sambutan sekaligus meluncurkan peresmian open data. Ahok mengatakan, sejak dulu ia ingin membuka semua data  di lingkungan Pemprov DKI.

“Semua yang kita punya tidak mau kita umpetin, contoh yang paling sederhana APBD. Open data juga termasuk bagian dari transparansi. Dengan mengucap syukur, maka open data saya resmikan,” ujar Basuki.

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s