Home » PAGE 5.4 - Domestik Politik » Elite KMP Tidak Tegas Tolak Kursi Kabinet

Elite KMP Tidak Tegas Tolak Kursi Kabinet

SUARA PEMBARUAN, — Elite Koalisi Merah Putih (KMP) tidak tegas menanggapi isu reshuffle. Baik Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketum PPP Djan Faridz, Ketum Partai Golkar Aburizal Bakrie (ARB), dan Ketum PAN Zulkifli Hasan, tidak tegas menolak atau menerima jika ditawari kursi di Kabinet Kerja.

Prabowo mengatakan, sejauh ini belum ada tawaran dari pemerintah untuk menempatkan kader terbaik di KMP menjabat menteri. Dirinya juga enggan menanggapi lebih jauh tentang reshuffle. “Belum ada permintaan,” kata Prabowo usai mengikuti acara buka puasa bersama 3500 anak yatim di kediaman Ketum PPP versi Muktamar Jakarta Djan Faridz, di Jl Talang nomor 3 Menteng, Jakpus, Sabtu (4/7).

Pada kesempatan yang sama, ARB juga tidak memberi penegasan akan kesediaan Golkar menempatkan kader terbaiknya di kabinet. Dirinya juga membantah jika disebut pihaknya telah ditawarkan kursi menteri. “Belum ada. Itu baru tawaran yang ngomong,” kata ARB.

Menurutnya, seluruh pihak di KMP punya kontribusi untuk membangun negeri khususnya, terkait dengan program pemerintah. “Kami juga memberikan kontribusi dan pembicaraan-pembicaraan yang menyangkut program pemerintah yang baik. Itu namanya belum beranak udah besan. Masalah reshuffle saja tidak tahu,” katanya.

Djan Faridz berharap, KMP tidak ditawarkan kursi menteri. Namun dirinya tidak memberi penegasan kalau PPP bersedia menempatkan kadernya di pemerintahan. Dia juga menegaskan, KMP tidak membahas tentang reshuffle. “Mudah-mudahan tidak ditawarkan. Apa betul ada reshuffle kita juga belum tahu,” kata Djan.

Zulkifli Hasan berharap pemerintah fokus pada persiapan pelaksanaan ramadhan dan lebaran. Dirinya menilai tidak elok berbicara reshuffle sekarang ini. “Bagusnya begitu. Nanti setelah lebaran baru diskusi soal reshuffle. Walaupun kita tahu di bidang ekonomi tidak mudah. Tentu tidak semata-mata kesalahan menterinya,” kata Zulkifli.

Menurutnya, Presiden Jokowi bersama jajaran menteri Kabinet Kerja fokus pada ketersediaan kebutuhan pokok, serta keselamatan masyarakat ketika mudik. “Sekarang kita minta presiden menyediakan kebutuhan pokok. Selain harganya terjangkau, stoknya cukup. Nanti kebiasaaan kita dari tahun ke tahun mudik lebaran, kesiapan angkutan, keselamatan masyarakat yang mudik jadi fokus,” kata Zulkifli.

Disinggung kembali kesiapan PAN jika nantinya diminta menyumbangkan kader terbaiknya masuk dalam kabinet, Zulkifli tidak menjawab dengan tegas. “PAN sendiri berkali-kali saya sampaikan berada di luar atau di dalam pemerintahan sama hormatnya,” kata Ketua MPR itu. [E-11/N-6]


Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s