Home » PAGE 3.2 - Berita Koran » Media Indonesia » Batan akan Bangun Iradiator Gam Multiguna

Batan akan Bangun Iradiator Gam Multiguna

BADAN Tenaga Nuklir Nasional (Batan) menyediakan anggaran sebesar Rp70 miliar untuk membangun iradiator gama multiguna, alat yang bisa digunakan untuk sterilisasi dan pengawetan bahan pangan, alat kesehatan, juga hasil perikanan.

Teknologi sterilisasi dan pengawetan dengan radiasi gama merupakan solusi terhadap berbagai permasalahan yang ditimbulkan oleh teknologi sterilisasi dan pengawetan dengan metode konvensional, seperti pencemaran lingkungan dan kontaminasi bahan kimia.

Menurut Kepala Batan Djarot Sulistio Wisnubroto, sejumlah dana tersebut akan dikeluarkan secara bertahap. Hal itu, katanya, sesuai dengan target pembangunan yang dicanangkan mulai 2015 sampai 2017 mendatang.

“Tahun ini sudah hampir Rp10 miliar kita keluarkan untuk perizinan. Nantinya bertahap untuk pembangunan fisik dan lain- lain,” ujarnya, saat mendampingi Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) M Nasir, mengunjungi kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Serpong, Tangerang, Banten, kemarin.

Djarot mengatakan saat ini proses perizinan sudah diurus ke Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten). Targetnya, proses izin akan selesai pada akhir tahun ini sehingga awal tahun depan sudah mulai pada tahap pembangunan fisik.

Lebih jauh dia mengungkapkan, 70% bahan infrastruktur termasuk peralatan untuk iradiator ini berasal dari dalam negeri. Adapun 30% sisanya, yakni sumber radioaktif, diimpor dari Hongaria.

Menurut Djarot, iradiator gama yang akan dibangun berkekuatan 20MGy (20 mega-gray). Adapun saat ini, Batan baru memiliki sebuah iradiator dengan kekuatan maksimal 150 KGy.

Kepala Bidang Diseminasi Pusat Diseminasi dan Kemitraan Batan, Heru Santosa, menuturkan alat iradiator gama nantinya bisa lebih dikembangkan sampai ke pelabuhan-pelabuhan di ben bagai daerah.

“Harapannya, di setiap pela, buhan ada iradiator karena alat itu juga bisa mengawetkan ikan. Bahkan, di setiap penghasil ikan juga harusnya ada iradiator, jadi nggak perlu pakai formalin dan lebih aman,” iukas dia. (Mut/M-6)


Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s