Home » PAGE 3.18 - Story of the Day » Jangan Lakukan 6 Hal Ini saat Buka Puasa Bersama

Jangan Lakukan 6 Hal Ini saat Buka Puasa Bersama

Bulan Ramadhan telah tiba. Pada bulan puasa ini jadwal acara buka puasa bersama biasanya mulai memenuhi kalender harian kita. Mulai dari undangan berbuka dari teman SD sampai SMA, bahkan undangan dari teman kerja dan keluarga besar. Pada saat-saat seperti ini kita tentunya ingin agar momen istimewa buka bersama orang-orang yang istimewa dapat terlaksana tanpa harus mengganggu aktivitas lain yang telah dilakukan.

Seperti yang kita ketahui, ketika berbuka puasa bersama kita tentu tidak sendiri. Kita akan berkumpul dengan teman atau saudara kita baik yang selalu dijumpai setiap harinya atau yang sudah lama tidak bertemu. Tentunya masing-masing orang akan memiliki karakter yang berbeda. Oleh karena itu, ketika menghadiri undangan tersebut, kita harus memahami bahwa ada hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan karena dikhawatirkan akan merusak acara buka bersama kita. Lantas apa saja ya kira-kira hal-hal tidak boleh dilakukan tersebut? Yuk, kita intip informasinya berikut ini.

1. Jangan Salah Kostum

Jika kita atau anak-anak kita akan menghadiri acara buka puasa bersama, kita harus membiasakan diri untuk mengenakan kostum yang sesuai, yaitu pakaian muslim atau muslimah, kecuali kita tidak sempat untuk berganti sepulang kerja.

Selain itu, jangan mengenakan pakaian yang hanya dimaksudkan untuk pamer kepada seluruh peserta buka puasa. Jangan mentang-mentang kita adalah tentara atau polisi maka kita akan tetap memakai seragam harian kita. Apalagi mengenakan pakaian kayak orang pergi ke mall atau pesta yang auratnya kebuka kemana-mana. Ingat, acara yang kita adakan bertujuan silaturrahim dan bukan ajang pamer.

2. Jangan Menghidangkan Makanan Berat sebagai Menu Pembuka

Jika kita merupakan penyelenggara yang bertugas menyiapkan menu buka puasa, kita harus tahu jenis menu apa yang sebaiknya dihidangkan saat berbuka. Jangan menghidangkan makanan berat ketika berbuka puasa. Letakkan jadwal menyantap makanan berat setelah salat maghrib atau setelah tarawih, jika acara buka puasa bersama dilanjutkan sampai selesai tarawih bersama.

Kok begitu? Hal ini berkaitan dengan sistem pencernaan kita yang membutuhkan waktu dan tahap untuk dapat mencerna makanan yang berat setelah seharian penuh beristirahat mencerna makanan dan minuman. Jangan sampai acara buka bersama yang dilaksanakan justru berakhir dengan sakit perut akibat lambung yang ‘kaget’ menerima makanan dan minuman yang kita santap.

3. Jangan Membuat Kegaduhan

Tradisi berkumpul bersama teman-teman lama atau keluarga besar dalam acara buka puasa memang sangat menyenangkan dan penuh dengan kegembiraan. Akan tetapi, jika hal ini dilaksanakan di tempat umum, hindarilah membuat kegaduhan, seperti tertawa terbahak-bahak atau mengobrol dengan suara yang terlalu keras. Selain tidak etis didengar, hal itu akan mengganggu orang lain yang tidak menyukai keributan.

4. Jangan Melewatkan Waktu Maghrib

Ketika asyik mengobrol, biasanya kita akan lupa dengan waktu, termasuk waktu salat. Jangan lakukan hal ini karena hanya akan mengotori makna puasa kita. Aturlah jadwal untuk berbuka, jadwal salat maghrib, makan berat, salat isya, dan salat tarawih.

5. No Gossiping

Salah satu tujuan diadakannya buka puasa bersama adalah silaturrahim dengan teman atau sanak saudara yang dibingkai dalam satu momen istimewa yaitu bulan puasa. Meskipun saat-saat seperti ini akan sangat menyenangkan untuk mengobrol bersama, tetapi ada etika yang harus kita jaga, yaitu bergosip. Saat menghadiri acara buka puasa bersama, jangan membicarakan keburukan orang lain baik yang kita kenal maupun tidak. Hal ini akan menjadi tidak baik dan memberikan kesan ‘percuma’ pada acara buka puasa kita karena tidak membawa manfaat yang besar tetapi justru membawa mudharat akibat membuka aib orang lain.

6. Jangan Datang Terlambat

Nggak lucu kan kalau kita menghadiri acara buka puasa bersama saat selesai shalat tarawih dengan alasan padatnya jadwal? Oleh karena itu, sebelum merespon positif undangan buka puasa bersama yang kita terima, ada baiknya kita memeriksa jadwal kita. Setelah itu, aturlah kegiatan kita pada hari itu agar dapat hadir tepat waktu. Menghadiri acara buka puasa tepat waktu juga akan memberikan kesan bahwa kita sangat antusias untuk bersilaturrahim dengan teman atau keluarga kita.

Bagaimana, ternyata hal-hal sepele seperti di atas dapat mengganggu suasana berbuka kita bersama teman dan keluarga. Oleh karena itu, kita sebaiknya dapat mengendalikan diri dan mengajak orang lain agar tidak melakukan beberapa hal tersebut yang dpat merusak kenyamanan silaturrahim kita dalam acara buka puasa bersama.


Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s