Home » PAGE 3.10 - Kesehatan » BPJS Kesehatan » BPJS dan MUI Capai Kesepakatan Soal Fatwa Haram

BPJS dan MUI Capai Kesepakatan Soal Fatwa Haram

KORAN TEMPO, 5/8 Pg.6 — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Majelis Ulama Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan, dan Dewan Jaminan Sosial Nasional kemarin bertemu dan bersepakat menyempurnakan program jaminan kesehatan berbasis syariah.

Pertemuan itu juga menyepakati bahwa BPJS syariah saat ini belum diperlukan. Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris menyatakan tidak ada pembahasan soal pembentukan BPJS syariah. Yang di fokuskan dalam pertemuan tersebut adalah program BPJS saat ini dengan prinsip syariah.

Untuk menjalankan rekomendasi itu, menurut Fachmi, disepakati pembentukan sebuah tim yang mewakili setiap unsur instansi. Tim itu langsung bekerja mulai kemarin.

Fachmi berharap, dalam sepekan ini, tim sudah dapat memberikan hasil. “Saya ingin program syariah bisa diselesaikan di tingkat jajaran direksi sehingga keputusan akan cepat kami jalankan,” kata dia.

Menurut Fachmi, masyarakat nanti dapat memilih program syariah saat mendaftar ke BPJS Kesehatan. Pclayanan yang diberikan akan tetap sama. Adapun iuran anggota dengan program syariah akan disimpan di bank syariah.”Tapi masih akan digodok lagi,” ujarnya.

Wakil Ketua Dewan Syariah Nasional MUI, Jaih Mubarok, mengatakan pengubahan pengelolaan dana ke sistem syariah tidak mudah. Dana haji, yang nilainya mencapai Rp 70 triliun, misalnya, baru bisa ditampung bank syariah sebanyak Rp 20 triliun. “Jadi ini masih terkait dengan kemampuan bank syariah,” ujar Jaih.

Komisioner OJK, Firdaus Djaelani, meminta masyarakat tetap mendaftar sambil menunggu program syariah BPJS Kesehatan dirampungkan. Peserta juga diminta tetap membayar iuran.

Dalam pertemuan kemarin juga dicapai kesepahaman tidak adanya kosakata haram. Kepastian itu, menurut Firdaus, didasari hasil kajian Fatwa MUI. MUI sebelumnya mempermasalahkan pelaksanaan BPJS, yang tidak sesuai dengan prinsip syariah. • SINGGIH SOARES I ANDI RNLI


Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s