Home » PAGE 3.2 - Berita Koran » Republika » Jokowi Sodorkan Politisi jadi Dubes

Jokowi Sodorkan Politisi jadi Dubes

REPUBLIKA, 13/8 Pg.4, — 7 Komisi I DPR mengaku Presiden Joko Widodo sudah menyerahkan nama-nama calon data besar Indonesia untuk negara sahabat. Sebanyak 33 nama sudah disetorkan Jokowi agar dilakukan uji kelayakan dan kepatutan oleh Komisi I.

Nama-nama tersebut sebelumnya memang sudah tersebar di media sosial. “Sudah, sesuai dengan list yang beredar,” kata Wakil Ketua Komisi I DPR RI Tantowi Yahya kepada Republika, Rabu (12/8).

Berdasarkan daftar tersebut, ada 33 nama calon duta besar yang akan ditugaskan Jokowi. Sebagian nama-nama tersebut merupakan kader dari partai politik. Di antaranya, Alexander Litaay (PDIP) untuk negara Kroasia, Helmy Fauzi (PDIP) bertugas ke Mesir, Husnan Bey Fananie (PPP) ke Azerbaijan, dan Safira Machrusah (PKB) ke Aljazair.

Menurut Tantowi, tidak masalah dubes diisi oleh kader partai politik. Namun, mereka harus cakap dan memiliki kemampuan diplomasi yang baik. Dia menjelaskan, dubes-dubes tersebut harus inampu mengembalikan kepercayaan dunia pada Indonesia.

Tantowi mengungkapkan, sulit untuk menghindar dari kesan bagi-bagi jatah oleh Jokowi pada pendukung dan tim suksesnya. Sebab, inilah politik. Walaupun dalam mulut berucap tanpa pamrih, tetap saja mengharap balasan atas jasa dan perjuangan yang diberikan.

Menurut politikus Partai Golkar ini, yang sangat disesalkan adalah klaim tanpa syarat dan tanpa pamrih ini diteriakkan oleh parpol pendukung dan relawan Jokowi sendiri.

Komisi I menjadwalkan untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan pada seluruh calon dubes pertengahan September nanti. Menurut Tantowi, kalau ada calon yang dinilai Komisi I tidak pantas dan tidak patut sesuai kecakapan dan pengetahuan, Komisi I bisa tidak merekomendasikan untuk dijadikan dubes.

Saat ditanya, apakah dari nama-nama yang sudah masuk ada yang memiliki rekam jejak buruk dari pandangan Komisi I, Tantowi mengatakan sudah ada. “Sebagian sudah ada yang terbaca punya rekam jejak tidak bagus,” kata dia menegaskan. Namun, juru bicara partai berlambang pohon beringin itu enggan membeberkan nama-nama yang sudah terlihat memiliki rekam jejak negative tersebut. [Agus Raharjo]


Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s