Home » PAGE 5.3 - Tokoh Indonesia » Rizal Ramli » Jokowi: Rizal Ramli Petarung

Jokowi: Rizal Ramli Petarung

KORAN TEMPO, 14/8 Pg 4 – Di antara enam menteri Baru yang dilantik Rabu lalu, satu yang mengundang rasa ingin tahu publik: Rizal Ramli. Eks menteri keuangan dan menteri koordinator perekonomian itu selama ini dikenal sebagai pengkritik keras Kabinet Kerja Joko Widodo.

Rizal diangkat Jokowi sebagai Menteri Koordinator Kemaritiman menggantikan Indroyono Soesilo. Soal pemilihan Rizal sebagai menteri, mantan gubernur DKI Jakarta itu punya alasan sendiri. “Kita membutuhkan, figur-figur yang berani memutuskan, berani mengambil risiko, tipikal petarung,” kata Jokowi dalam wawancara, dengan Tempo di Jakarta kemarin.

Sebelum menjadi menteri, ada sejumlah kritik Rizal terhadap kabinet Jokowi. Saat hasil survei menyebutkan bahwa publik yang menyatakan cukup puas terhadap kinerja Jokowi hanya 57,5 persen, April lalu, Rizal mengkritik menteri yang dinilainya memiliki paradigma sederhana. Mereka dianggapnya hanya berkualitas KW2 atau KW3 sehingga menyebabkan kekecewaan investor.

Baru sehari menjabat menteri, kemarin Rizal sudah mengkritik proyek kelistrikan 35 ribu megawatt (MW) dan menyebutnya sulit dicapai. “Target 35 ribu MW ini plus sisa target zaman Susilo Bambang Yudhoyono, sehingga total 42 ribu MW, itu sulit dicapai dalam waktu lima tahun,” katanya seusai acara serah-terima jabatan di Gedung BPPT, Jakarta, kemarin.

Meski begitu, Rizal akan berkoordinasi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta Dewan Energi Nasional (DEN) untuk melakukan evaluasi ulang agar proyek tersebut dapat terealisasi. “Saya akan minty Menteri ESDM dan DEN untuk lakukan evaluasi ulang mana yang betul masuk akal,” ujarnya.

Rizal menilai proyek tersebut tidak realistis dan akan mendapat batu sandungan dari sisi pembiayaan karena sudah tidak bisa dibiayai oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN). Harga jual listrik yang relatif rendah juga dinilainya membuat investor enggan membiayainya.


Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s