Home » PAGE 3.18 - Story of the Day » Menggelorakan Semangat Pramuka

Menggelorakan Semangat Pramuka

PIKIRAN RAKYAT 16/8 Page 10, — PADA masa kini, Pramuka yang merupakan kependekan dari Praja Muda Karana sering dianggap tergilas oleh zaman. Pamornya di mata anak muda kian meredup, jika dibandingkan dengan kondisi pada dua atau tiga dekade lalu. Apa yang terjadi di jagat linimasa sepanjang Jumat (14/8/2015), mampu menjungkirbalikkan anggapan itu.

YA, Jumat itu adalah Hari Jadi ke-54 Pramuka. Tema Hari Jadi Pramuka tahun ini adalah “Pramuka Garda Terdepan Pelaku Perubahan dalam Pembentukan Karakter Kaum Muda”.

Sejak Jumat pagi, kicauan netizen berseliweran di beberapa platform jejaring sosial seperti Twitter, Instagram, dan Path. Bahkan pada Jumat siang, kicauan bertanda pagar #haripramuka sempat bertengger menjadi trending topic Indonesia.

Berdasarkan situs analisis Twitter, Topsy, sepanjang Jumat sudah terdapat lebih dari 36.000 cuitan dengan kata kunci “Pramuka”. Sedangkan untuk kata kunci “Hari Pramuka”, jumlah cuitannya sekitar 28.000.

Dipantau dari dcretan kicauan di jejaring sosial Twitter, ada beberapa bagian besar posting mengenai Pramuka. Sebagian membagi pengalamannya menjadi anggota Pramuka, pengalaman upacara menyambut Hari Jadi ke-54 Pramuka, hingga video yang berhubungan dengan aktivitas Pramuka. Posting semacam ini kebanyakan dibuat anak muda yang masih duduk di bangku sekolah.

Netizen yang lain memilih posting yang sifatnya nostalgia atau sekadar memberikan ucapan dad harapan tcrhadap keberlangsungan Pramuka. Misalnya, @syifasalsai3 pada Jumat sore mengetikkan komentar, “Pramuka, BriveFight! Ini masa dimana kita prtma ikut lomba,lthan berbulan2 dan hasilnya yg sngat memuaskan!”

@umiwidiyawati berkicau, “Mengucap Tri Satya disaksikan api unggun dan itu suasananya hening bgt jadi terasa sakral #HariPramuka.” Beberapa netizen muda lain melampirkan foto saat mereka mengenakan baju Pramuka atau beraktivitas di dalam Pramuka.

Banyak pula netizen yang mencurahkan kegalauan, dengan mendompleng pembahasan mengenai Pramuka secara jenaka. Seperti @hendra_was, yang berkicau, “Hari Pramuka ya, hati-hati mungkin hari ini banyak kode dan sandi-sandi.”

Stand up comedian yang juga ak- tor komedi, Soleh Solihun, tak mau ketinggalan. Jumat siang, is mengetikkan, “Jadi inget, waktu sd aktif di pramuka siaga. seru, banyak permainan. begitu smp masuk penggalang, jadi gak tertarik krn terlalu serius. :))”

Sama halnya dengan Riyanni Djangkaru melalui @r_djangkaru, yang berbagi mengenai keseruan Pramuka. “Siapa yang tak kenal belajar tali temali sederhana jaman SD dull’, atau berbaris dgn tongkat bambu? Selamat Hari Pramuka🙂.”

Bondan Winarno lewat akun @PakBondan berbagi kenangannya mengenai Pramuka. “Salah 1 kenangan masa Pramuka adl jadi ajudan Kak Sultan HB IX di WSC 21 Tokyo, lihat beliau pakai jas sobek ditisik. #HariPramuka54.”

Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla lewat akun @Pak_JK , menguntai harapan untuk Pramuka. “Selamat Hari Pramuka, semoga Pramuka Jaya selalu dan melahirkan tunas-tunas muda yang bisa membawa bangsa ini semakin maju dan makinur.”

Beberapa cuitan netizen di Twitter juga sering kali dihubungkan pada Taman tau- tan, yang salah situ isinya bercerita mengenai Pramuka. Salah satunya adalah Historia.id, yang berbagi mengenai sejarah Pramuka di tanah air dari berbagai sumber tertulis.

Aplikasi maya Semangat Hari Jadi ke-54 Pramuka juga dirasakan pemilik telefon pintar. Hingga Jumat sore, terdapat dua aplikasi mengenai Pramuka yang beredar di toko aplikasi Google Play Store dan Apple Store. Pengguna bisa mengunduhnya secara gratis, untuk mengetahui beberapa pengetahuan praktis mengenai Pramuka. Misalnya, aplikasi “Buku Saku Pramuka”, dengan besar file 14 MB di Android, dan 6,4 MB di iOS. Pengunduh dari berbagai usia bisa belajar mengenai sejarah Primuka, lagu-lagu Pramuka, materi Pramuka, permainan Pramuka, hingga yel-yel Pramuka. Dail konten yang dihadirkan, tampak aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan, untuk menjadi aplikasi yang lebih lengkap mengenai Pramuka.

Ada juga aplikasi “Marbel Belajar Pramuka” yang dibuat developer lokal, Educa Studio. Aplikasi ini membantu anak-anak belajar mengenal arah mata angin, simpul-simpul dalam Pramuka, dan yang paling menyenangkan adalah belajar mengenal tanda jejak.

Meski tidak terjadi setiap hari, yang digaungkan netizen di dunia maya, baik lewat linimasa atau semangat merayakan hari Pramuka lewat aplikasi, kembali menaaelorakan semangat Pramuka. Setidaknya, kita mengingat kembali bagaimana keterampilan dasar yang berguna dalam kehidupan diajarkan lewat Pramuka.

Selamat Hari Jadi ke-54, Pramuka! Tepuk Pramuka! Prok Prok Prok! Prok Prok Prok! Prok Prok Prok Prok Prok Prok Prok!!! (Endah Asih/PR”)***.


Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s