Home » PAGE 3.2 - Berita Koran » Jawa Pos » Pramuka Sumber Revolusi Mental

Pramuka Sumber Revolusi Mental

JAWA POS 18/8 Page 43, — Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault meminta pemerintah memberikan perhatian lebih kepada gerakan Pramuka. Sebagai organisasi kepanduan, Pramuka mengajarkan nilainilai revolusi mental yang dibutuhkan bangsa Indonesia.

Menurut Adhyaksa, Pramuka memiliki Dasa Dharma Pramuka dan Tri Satya Prarnuka. Nilai-nilai dalam janji setiap anggota Pramuka itu sejalan dengan revolusi mental untuk generasi muda.

“Karena itu, pemerintah harus memberikan perhatian lebih kepada gerakan Pramuka,” kata Adhyaksa dalam puncak peringatan Hari Pramuka di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta limur, Minggu (16/8).

Pembina upacara dalam peringatan tersebut adalah presiden sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Mabinas) Gerakan Pramuka Joko Widodo. Dalam acara itu, presiden memberikan penghargaan Lencana Melati, Lencana Darma Bakti, Lencana Pancawarsa, dan Lencana Prarnuka Teladan. Bentuk perhatian yang diharapkan adalah pelaksanaan kegiatan atau kurikulum Pramuka dapat diajarkan lagi di sekolahsekolah. Caranya, kegiatan Pramuka kembali diwajibkan di setiap sekolah sebagai ekstrakurikuler. Saat ini, serial’) sekolah hanya mewajibkan memakai seragam, tidak mengajarkan nilai, keterampilan, dan pelatihan khas gerakan Pramuka.

“Anak didik menjadi tidak mengerti apa dan bagaimana Pramuka. Padahal, gerakan Pramuka berbasis pendidikan itulah karakter yang mampu merealisasikan revolusi mental,” kata Adhyaksa.

“Mana ada anggota Pramuka tawuran? Mana ada anggota Pramuka tertangkap menggunakan narkoba,” tambahnya. Karena itu, Adhyaksa setuju bila gerakan Pramuka dikembalikan menjadi binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), bukan di bawah Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora). “Pramuka bukan ormas, melainkan organisasi pendidikan karakter,” ujarnya. Menurut Adhyaksa, Jambore Nasional tahun depan diselenggarakan di Jakarta. Namun, hingga kini, belum ada pembenahan terhadap fasilitas bumi perkernahan di Cibubur. “Itu juga perlu menjadi perhatian pemerintah agar kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik,” katanya.


Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s