Home » PAGE 3.2 - Berita Koran » Republika » Jokowi Ingatkan Menko

Jokowi Ingatkan Menko

JK menegur Rizal Ramli saat sidang kabinet.

REPUBLIKA 20/8 Page 4, — Presiden Joko Widodo mengumpulkan semua menterinya dalam sidang kabinet paripurna di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/8). Saat membuka sidang, Presiden mengingatkan tugas seorang menteri koordinator (menko). Pernyataan Jokowi seolah menegur Menko Bidang Kemaritiman Rizal Ramli yang akhir-akhir ini mengkritik kebijakan pemerintah.

Jokowi mengingatkan menko untuk bekerja sesuai dengan instruksinya. Arahan itu kemudian diimplementasikan dengan berkoordinasi bersama menterimenteri di bawahnya. “Menteri koordinator sekali lagi saya sampaikan bahwa koordinasi tugas kementerian di bawahnya sesuai instruksi yang saya sampaikan.”

Sidang kabinet kali ini membahas masalah meroketnya sejumlah harga pangan, mulai dari daging sapi, ayam, hingga sayuran. Selain itu, rapat juga akan membahas penyerapan anggaran yang masih rendah di sejumlah kementerian.

Tim Komunikasi Presiden Teten Masduki mengungkapkan, Presiden meminta Rizal Ramli tak mengumbar kritik di media. Daripada berbicara di depan publik, Jokowi meminta Rizal untuk menyampaikan kritik langsung dalam rapat.

“Agar pemerintahan ini berjalan lebih baik, sebaiknya disampaikan di rapat kabinet atau dibicarakan langsung dengan presiden,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Rizal sebelumnya membuat polemik dengan mengkritik pembelian pesawat Airbus oleh Garuda Indonesia dan pembangunan proyek listrik 35 ribu megawatt. Rizal pun menantang Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk diskusi terbuka soal proyek listrik tersebut.

Hanya, saat dimintai komentarnya kembali, Rizal bungkam. Ditemui usai rapat di kantor Kemenko Kemaritiman di Jakarta, kemarin, Rizal hanya meminta awak media untuk membaca tulisan mantan juru bicara presiden KH Abdurrahman Wahid, Adhi Massardi, yang belakangan disebar melalui pesan broadcast. “Baca, telepon Mas Adhi Massardi, dia bikin tulisan bagus sekali soal dia (JK) ya.”

Adhie sempat mengkritik Wakil Presiden Jusuf Kalla. Menurutnya, JK harusnya hadir sebagai pelopor perubahan mental masyarakat. “Padahal, gagasan kebenaran tetaplah gagasan kebenaran, meskipun disampaikan Menko Kemaritiman (Rizal Ramli) dengan cara yang dianggap tidak lazim,” katanya.

Kalla mengaku telah menegur langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli saat sidang kabinet berlangsung di Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin. “Mengapa tidak? Sayakan wapres,” kata JK, di Jakarta, Rabu (19/8).

Saat menegur Rizal, Kalla mengatakan seharusnya seorang menteri mempunyai sikap dan etika dalam menyampaikan kritikan. Menurutnya, seluruh menteri yang hadir dalam sidang kabinet bahkan turut memarahi Rizal.

Dalam sidang kabinet, JK menyebut tak ada mediasi antara mereka. “Akhhh tidak ada mediasi. Saya tadi sampaikan ke dia bahwa menteri tidak boleh begitu di sidang kabinet. Saya kira semua orang marah sama dia. Dimarahi,” kata Kalla.

Lebih lanjut, Kalla menyebut Presiden Joko Widodo pun memberikan dukungannya kepada JK terkait teguran tersebut. Ia juga mengatakan, Rizal Ramli tak berkutik saat Kalla menegur menteri barn pengganti Indroyono Soesilo itu. “Ya, mau apa? Emangnya dia (Rizal) mau apa?” kata JK. Saat ditanya apakah JK kecewa terhadap penunjukan Rizal sebagai menko kemaritiman, Kalla pun enggan menjawab.

Rizal pun mengaku sudah bersalaman dengan Kalla saat bertemu usai sidang tersebut. “Habis sidang kabinet saya salami, ‘Hai Pak JK, apa kabar?” kata Rizal.

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s