Home » PAGE 3.18 - Story of the Day » Menengok Jambore Internet Ke-35 di TRW Cibubur, Ratusan Anggota Pramuka Ikut Promosikan Pariwisata

Menengok Jambore Internet Ke-35 di TRW Cibubur, Ratusan Anggota Pramuka Ikut Promosikan Pariwisata

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan tim Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) kembali mengadakan Jambore on The Air (JOTA) ke-77. Jambore on The Internet (JOTI) ke-35 tingkat nasional juga diadakan di Taman Rekreasi Wiladatika (TRW), Cibubur, Jakarta Timut, Jumat (21/8) hingga Minggu (23/8).

RATUSAN anggota Pramuka begitu antusias mengikuti Jambore on The Internet (JOTI) tingkat nasional. Dalam kegiatan tersebut, perkembangan internet yang begitu pesat juga dibahas.

Rizky l)wi Ananda, ketua panitia kegiatan, menjelaskan bahwa acara itu diikuti 400 anggota Pramuka Penggalang, Penegak, Pandega, dan pembina sewilayah Jabodetabek. Jumlah tersebut belum tennasuk yang di daerah. Kegiatan JOTA perdana kemarin dilakukan dengan anggota Pramuka di Sulawesi Utara dan J011 dengan anggota Pramuka di Sumatera Selatan. “Kami semua terkoneksi,” jelas Rizky yang juga aktif di Dewan Kerja Nasional (DKN).

Selanjutnya, pada hari kedua, diadakanfox hunting, komunikasi radio amatir, simulasi kegiatan menggunakanfil; chatting, video call, dan call discuss via teamspeak. Selain itu, seminar membangun komunikasi dalam keadaan darurat dan *minar media sosial yang akan diisi Harigo Wibawa Satria dari Kwarnas Gerakan Pramuka dan tim Siber Pramuka.

“Indonesia dengan wilayah begitu luas tentu sangat terbantu oleh radio dan intemet. Nah, jadi, harus kami maksimalkan untuk meningkatkan persaudaraan dan persatuan antargenerasi muda di berbagai daerah,” ajar Lusia Adinda Lebu Raya, wakil ketua Kwarnas bidang kominfo yang mewakili Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault. Lusia juga meminta semua anak Pramuka saling menguatkan potensi daerah. “Mari kita saling mempromosikan pariwisata dan kegiatan positif di tiap daerah dengan radio dan internet,” ajaknya. Setelah pembilkaan, langsung diadakan seminar bertajuk Morse dengan Gadget yang diisi Onno W. Purbo (pakar teknologi informasi). Nama besar dan rekam proses Onno menjadikan peserta sangat antusias dalam mengikuti sesi tersebut. Onno langsung mengajak peserta praktik menggunakan morse gadget dan komputer. “Mta akan dapat hal bane setelah praktik Adek-adek Pramuka jangan sungkan bertanya: ujar penulis banyak buku tentanglTdan pendiri Computer Network Research Group itu.

Onno juga menyarankan Kwarnas Gerakan Pramuka mengadakan IT Camp atau semacam Jambore Dunia’ khusus IT dengan mengundang negara-negara lain. “Jika dipersiapkan dengan serius, kita pasti mampu,” tegasnya. (ikl/har/co3/ind)


Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s