Home » PAGE 3.18 - Story of the Day » TNI AL Beli Kapal Selam dari Korsel

TNI AL Beli Kapal Selam dari Korsel

MEDIA INDONESIA 26/8 Page 4, — TNI Angkatan Laut sudah memesan satu kapal selam dari Korea Selatan. Pada masa mendatang, TNI AL juga akan memesan tiga kapal selam lagi dari negara itu.

Pemesanan kapal selam tersebut, menurut Kepala Staf TNI AL Laksamana Ade Supandi, merupakan bagian dari rencana TNI AL untuk memiliki enam kapal selam pada 2024. Saat ini, TNI AL memiliki dua kapal selam.

“Penting untuk memahami, mana negara-negara yang memiliki kapal selam. Negara yang punya kapal selam antara lain adalah Singapura, Malaysia, dan Tiongkok. Vietnam baru akan beli. Pertanyaan selanjutnya yang tidak kalah penting, apakah mereka memiliki kepentingan terhadap Indonesia? Itu kita semua sama-sama tahu. Selain kekuatan dua kapal selama milik TNI AL, saat ini pemerintah juga hendak menghadirkan 11 pesawat anti kapal selam,” kata Ade di sela-sela mengamati Geladi Posko Latihan Armada Jaya ke-33 tahun 2015 di Auditorium Pusat Latihan Kapal Perang (Puslat Kaprang) di Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (25/8).

Geladi Posko Latihan Armada Jaya ke-33 tahun 2015 yang dilaksanakan di Markas Komando Armada Timur TNI AL tersebut dipimpin oleh Direktur Latihan Armada Jaya Laksda I.N.G.N Ary Atmaja. Geladi Posko berlangsung 20-26 Agustus 2015 di Puslat Kaprang Ujung. Acara itu akan dilanjutkan dengan Tactical Floor Game dan Kaji Ulang Latihan Armada Jaya ke-33 di Kesatrian Bumimoro Kobangdikal pada 27 Agustus ini.

Ary Atmaja, yang juga menjabat Kepala Komando Pengembangan Pendidikan TNI AL (Kobangdikal), menjelaskan, dalam latihan kali ini, TNI AL melaksanakan Operasi Laut Gabungan, Operasi Amfibi, Operasi Pendaratan Administrasi, dan Operasi Pertahanan Pantai di wilayah timur Indonesia guna mendukung operasi gabungan TNI dalam rangka mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebanyak 770 perwira militer di lingkungan TNI AL terlibat dalam kegiatan ini.

“Ini latihan puncak TNI AL yang bertujuan mengukur kesiapan operasi dan hasil pembinaan kekuatan dan kemampuan, tidak saja kapal dan markas, tetapi juga anggota Marinir,” katanya.


Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s