Home » PAGE 5.4 - Domestik Politik » Jangan Tarik Militer ke Politik

Jangan Tarik Militer ke Politik

KOMPAS 27/8 Page 5, — Selama ini militer Indonesia masih sering ditarik-tarik ke ranah politik. Kondisi yang tidak baik ini harus diatasi, antara lain dengan terus meningkatkan kualitas kepemimpinan sipil.

Jika pemimpin sipil masih karut-marut atau jauh dari harapan, menurut mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana (Purn) Achmad Sutjipto, rakyat juga bisa melirik militer.

Hal itu disampaikan Sutjipto dalam diskusi bertajuk “Presiden Versus Panglima Tertinggi” di Jakarta, Rabu (26/8). Pembicara lainnya dalam acara yang digelar Institut Peradaban bersama Pusat Studi Kelirumologi dan Yayasan Wakaf Paramadina ini adalah mantan Gubernur Lemhannas Letjen TNI (Purn) Sayidiman Suryohadiprojo dan Rektor Universitas Pembangunan Negara Veteran Jakarta Marsekal Muda TNI (Purn) Koesnadi Kardi.

Sayidiman menuturkan, Pasal 10 UUD 1945 menyatakan, Presiden memegang kekuasaan tertinggi atas Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. “Presiden RI adalah jabatan politik atau sipil, maka ketentuan di konstitusi menunjukkan organisasi militer di bawah kekuasaan sipil,” katanya. Dia menambahkan, ketentuan di konstitusi itu juga memberi wewenang kepada Presiden mengendalikan angkatan perang RI.

Menurut Koesnadi, ada dua faktor yang selama ini memengaruhi hubungan antara militer dan sipil di Indonesia. Pertama, orientasi militer dalam bidang politik sudah berlangsung lama, bahkan sejak awal pembentukan TNI. Banyak orang bergabung dengan militer bukan karena menginginkan karier di militer profesional, melainkan karena ingin melawan kolonialisme.

Kedua, adanya keyakinan bahwa militer memang harus berpolitik. Hal ini antara lain dipicu belum optimalnya kepemimpinan sipil di Indonesia.

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s