Jangan Abaikan Kesehatan Gigi-Mulut

Buruknya kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil bisa berpengaruh pada kondisi janin dalam rahimnya.

JAKARTA—Sebagian masyarakat mungkin belum memahami betapa pentingnya merawat kes’ehatan gigi dan mulut. Padahal, gangguan kesehatan ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari jika dibiarkan begitu saja.

Buruknya gangguan kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil disinyalir dapat mengganggu perkembangan janin. Hal tersebut disampaikan oleh ginekolog dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading dr Boy Abidin SpOG (K) dalam acara Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) yang diselenggarakan oleh Pepsodent, akhir pekan lalu, di Jakarta.

“Jika ibu hamil mengalami gangguan pada gigi dan gusi, ibu tidak dapat mengunyah makanan dengan baik. Akibatnya, kecukupan nutrisi pada janin tidak terpenuhi optimal sehingga dapat menyebabkan kelahiran bayi prematur dengan berat badan lahir rendah (BBLR), yaitu kurang dari 2,5 kilogram. HB ibu rendah yang menyebabkan anemia, hingga menyebabkan cacat bawaan,” ungkap Boy.

Menurut Boy, bayi yang memiliki berat badan kurang bisa disebabkan oleh banyak faktor, antara lain, gangguan sirkulasi darah, kondisi plasenta yang menyebabkan transfer nutrisi dari ibu terhambat, nutrisi ibu kurang, atau ada infeksi.

Infeksi tersebut bisa berasal dari gigi atau gusi. “Bahkan, 5o persen wanita hamil di Amerika menderita pembengkakan gusi akibat infeksi yang tentu sangat berpengaruh pada kesehatan janin,” katanya. Janin dengan berat badan rendah juga berisiko 2,8 kali dapat lahir prematur.

Penyakit gigi dan mulut ini rentan terjadi pada trimester satu hingga ketiga kehamilan. Untuk mengurangi risiko tersebut, menurutnya, penting bagi calon ibu untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulutnya sebelum hamil. Bahkan, lebih baik lagi jika dilakukan pemeriksaan sebelum menikah, minimal enam bulan sekali.

Hal ini dibuktikan dari beberapa studi terkait kesehatan gigi dan mulut yang dilakukan para pakar gigi dan mulut. Mereka menyebutkan bahwa merawat kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil mampu menurunkan risiko terserang preeklamsia atau keracunan kehamilan sebesar lima hingga delapan persen.

“Menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat mengurangi bayi lahir prematur dengan berat badan lahir rendah sebesar 57 persen dan mengurangi risiko bayi lahir prematur sebesar 50 persen,” kata Boy.

Sementara, menurut drg Ratu Mirah Afifah GCClinDent MDSc, selaku Head of Professional Relationship Oral Care, PT Unilever Indonesia, cara sederhana guna merawat kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil adalah dengan rutin menyikat gigi dua kali sehari. Namun, kegiatan menyikat gigi yang sederhana ini kerap diabaikan oleh ibu hamil, apalagi jika kehamilannya kerap mengalami hipermesis (muntah-muntah).

“Untuk itu, baiknya bagi ibu hamil yang mengalami hal ini, para dokter menyarankan untuk berkumur dahulu dengan air hangat rasa asam di mulut berkurang, sekitar setengah jam. Sesudah itu, barulah menyikat gigi dengan menggunakan sikat gigi kecil yang bulu sikatnya lembut,” kata Mirah.

Selain itu, Mirah juga menambahkan, kondisi yang kerap terjadi pada ibu hamil tersebut sulit untuk dihindari, mengingatini merupakan masalah hormonal kehamilan. Sebaiknya, ibu hamil juga perlu mengurangi konsumsi makanan manis agar tidak menimbulkan rasa mual ketika menyikat gigi.

Secara umum, menurut Mirah, kampanye mengenai kesadaran akan kesehatan gigi dan mulut ini tidak hanya ditujukan bagi ibu hamil. Namun, kampanye dan edukasi ini juga penting untuk diketahui oleh anak-anak.

Hal. ini dimaksudkan agar kebia- saan menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat mereka terapkan sejak kecil. Dengan begitu, masalah-masalah kesehatan gigi dan mulut tidak akan menghantui ketika mereka dewasa kelak. [c04 ed: dewi mardiani]

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s