Home » PAGE 5.6 - Domestik Ekonomi » Batu Bara » Bisnis Batu Bara makin Terpuruk

Bisnis Batu Bara makin Terpuruk

MEDIA INDONESIA 2/10 Page 26, — MEROSOTNYA harga batu bara di pasar dunia menyebabkan sejumlah perusahaan penambangan cutup operasi. Dari sebanyak 870 izin usaha pertambangan, besar dan kecil, yang masih beroperasi saat ini tersisa 70-80 perusahaan.

“Sektor tambang batu bara belum pulih, bahkan terus terpuruk,” tutur Kustono Widodo, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kalsel, kemarin.

Terpuruknya industri batu bara juga terlihat dari banyaknya perusahaan yang tutup atau melakukan efisiensi dengan mengurangi tenaga kerja dan produksi. Terpuruknya bisnis batu bara sudah berlangsung sejak empat tahun terakhir, dan belum ada tanda-tanda kembali pulih dalam waktu dekat ini.

Produksi batu bara dari Kalimantan Selatan juga menurun hingga 50%. Sampai September, produksinya baru 75 juta ton, kurang dari setengah produksi 2014 sebesar 163 juta ton.

Anjloknya harga batu bara juga membuat bisnis hotel di Kalimantan Timur merosot. “Banyak pengusaha tambang batu bara yang gulung tikar. Kami kehilangan tamu dari kalangan mereka,” papar Direktur Eksekutif Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia, Cyprianus Aoer. (DY/SY/N-3)

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s