Home » PAGE 3.2 - Berita Koran » Kompas » TNI Dukung Program Pemerintah

TNI Dukung Program Pemerintah

KOMPAS 4/10 Page 2, — Berbagai manuver pertempuran laut dan udara akan menjadi atraksi puncak Hari Ulang Tahun Ke-70 Tentara Nasional Indonesia pada Senin mendatang. Penampilan tersebut merupakan bukti komitmen TNI mendukung program pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyaksikan geladi bersih acara HUT TNI yang digelar di Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon, Banten, Sabtu (3/10) pukul 09.00-12.00.

Dalam acara geladi bersih ini, Panglima TNI secara khusus memberikan masukan dan pujian terhadap para peserta defile yang berasal dari tiga matra TNI, yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Darat, serta dari Komponen Cadangan. Para peserta defile dan acara HUT TNI itu akan dinilai dan yang terbaik akan mendapat penghargaan dari Mabes TNI.

“Penampilan terbaik defile dari Wanita TNI (Kowad, Kowal, Wara). Silakan memberikan arahan bagaimana Anda tadi berparade,” kata Panglima TNI kepada seorang perwira menengah Kowad agar memberikan penjelasan.

Acara geladi bersih yang disaksikan ribuan warga di sekitar ujung barat Pulau Jawa itu diawali dengan defile kendaraan tempur TNI AD dengan 18 motor besar yang diawaki Pasukan Pengamanan Presiden. Setelah itu diikuti antara lain oleh sepasang kendaraan taktis Bush Master, tank Tarantula, kendaraan tempur angkut pasukan Anoa, kendaraan angkut lapis baja M-113, dan tank tempur utama Leopard.

TNI AL antara lain menampilkan mini submarine, kapal taktis Sea Rider, dan barisan tank pendarat amfibi.

Sementara itu, TNI AU antara lain menampilkan kendaraan intervensi taktis anti teror dan sistem pertahanan udara Sky Shield Oerlikon.

Setelah defile, dilakukan manuver serbuan laut, serbuan udara, dan pertempuran udara yang disimulasikan menjaga kedaulatan Indonesia dari ancaman luar. Semuanya disimulasikan dengan baik.

Operasi fast roping (meluncur turun dari helikopter yang terbang statis) juga diperagakan personel Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) Korps Marinir dan Komando Pasukan Katak TNI AL. Operasi gabungan disajikan dengan adanya dukungan payung udara pesawat-pesawat tempur TNI AU.

Peragaan pertempuran udara ditampilkan dengan baik oleh para penerbang jet tempur Sukhoi 27 dan Sukhoi 30 yang memainkan skenario dikejar musuh, tetapi berhasil membalikkan keadaan menjadi mengejar lawan. Tim aerobatik TNI AU Jupiter Aerobatik Team juga tampil dengan berbagai formasi.

Kepala Staf TNI AL Laksamana Ade Supandi mengatakan, 52 kapal perang dilibatkan dalam perayaan HUT TNI tersebut.

Interaksi

Tak ketinggalan sejak beberapa hari terakhir masyarakat setempat berinteraksi dengan para prajurit TNI dan berfoto bersama di persenjataan seperti tank, meriam, dan kendaraan tempur angkut personel buatan dalam negeri Anoa hingga tank tempur utama Leopard.

Gatot Nurmantyo meminta diadakan sesi khusus bagi masyarakat untuk ikut berdefile bersama prajurit di kendaraan tempur yang bergerak sambil membawa bendera Merah-Putih. Hal ini dimaksudkan untuk membangkitkan semangat integrasi rakyat dan TNI. Pasalnya, dukungan rakyat diyakini sebagai senjata pamungkas dan daya juang utama TNI.

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s