Home » PAGE 3.2 - Berita Koran » Kompas » Wapres Bangga Berbatik di PBB

Wapres Bangga Berbatik di PBB

KOMPAS 5/10 Page 2, — Saat berpidato dalam sesi debat di depan Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat, Jumat (2/10) sore waktu setempat atau Sabtu pagi waktu Jakarta, Wakil Presiden Jusuf Kalla berbaju batik. Padahal, seluruh pemimpin negara yang hadir pada sesi tersebut menggunakan setelan lengkap jas dengan dasinya.

Yang menarik, tak hanya Wapres yang berbatik. Semua anggota delegasi RI yang menghadiri SMU PBB pun berbatik ria, termasuk wartawan. Adapun Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi juga berbusana batik warna coklat yang dipadu dengan warna hijau muda di bagian bawah.

“Ya, kami pakai batik semua karena sebagai tanda peringatan Hari Batik Nasional yang tengah dirayakan di Tanah Air. Tentu kami bangga (dengan baju batik),” tutur Wapres Kalla tersenyum bangga seusai berpidato seperti dilaporkan wartawan Kompas, Suhartono, dari New York, AS. Wapres memakai batik biru asal Pekalongan, Jawa Tengah.

Asal tahu saja, pada 2 Oktober 2009, Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) menetapkan batik sebagai warisan dunia sehingga pemerintah menetapkannya sebagai Hari Batik Nasional. Menurut Wapres, dengan memakai batik, identitas nasional Indonesia sangat menonjol di PBB, setidaknya pada sesi debat umum Jumat sore itu.

“Dulu, batik kita justru dikenalkan pertama kali (di forum internasional) oleh almarhum Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela. Masak, kita yang punya warisan tidak mau memakai batik,” ujar Kalla kepada pers.

Meski pada awal pidatonya di SMU PBB Wapres Kalla akan memberikan pengantar mengenai batik yang dikenakannya kepada para pemimpin dunia, ternyata saat di podium malah tak dilakukan. “Lupa saya,” tutur Wapres terkekeh saat ditanya.

Ide Wapres Kalla menggunakan pakaian batik saat berpidato di SMU PBB sebenarnya sederhana. Berawal dari informasi yang berkembang dari media sosial, Juru Bicara Wapres Abdullah Husain kemudian mengajak berdiskusi beberapa wartawan, yang sangat mendukung ide Wapres berbusana batik saat berpidato.

Saat ditanyakan langsung, ternyata Wapres Kalla merespons positif dan bersedia. Bahkan, akan meminta anggota delegasi Indonesia lainnya berbusana sama. Jadilah, akhirnya Wapres dan semua anggota delegasi RI berbatik.

Sambil menunggu kedatangan Wapres Kalla di ruang sidang SMU PBB, insan pers yang berbatik sempat foto bersama di lobi Markas Besar PBB. Aksi ini cukup membuat anggota delegasi lain tertarik.

“Saya kira Anda dari Afrika Selatan karena selama ini, saya tahu, yang berbusana batik biasanya dari Afrika Selatan,” ujar salah seorang anggota delegasi lain sambil tersenyum.

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s