Home » PAGE 2.6 - Family » Syailendra Sakha Pradipta

Syailendra Sakha Pradipta

Nama adalah identitas pribadi seseorang. Pemberian nama pada anak adalah suatu harapan dan doa orang tua kepada anaknya. Nama pada umumnya terdiri dari nama depan dan nama keluarga atau marga. Dan bukan hal yang sembarangan orang tua dalam memberikan nama tersebut.

Beberapa sahabat dan kerabat bertanya mengenai arti nama yang saya berikan kepada anak pertama saya, Syailendra Sakha Pradipta yang lahir pada 22 November 2015 lalu di RS Kartini Jakarta Selatan. Sebelum saya sampaikan lebih lanjut, diatas tadi dikatakan bahwa nama adalah harapan dan doa dari orang tua pada anaknya. Sungguh agung dan mulia arti sebuah nama yang kita sandangkan kepada anak kita. Dan tentu, ada cerita dan sejarah dibalik pemberian nama itu.

Seperti halnya Syailendra Sakha Pradipta atau Sakha, biasa kita panggil kesehariannya. Untuk nama tersebut, tidak serta merta jadi dan lengkap seperti itu. Memerlukan proses dan pendapat beberapa pihak terutama saya sebagai ayahnya dan tentunya Bunda-nya yang juga banyak memberikan idea dan pilihan kata.

Menjelang beberapa bulan sebelum kelahiran yang telah diprediksikan dokter, kita semakin intens memunculkan idea nama. Biasanya saat bersama, entah itu obrolan dalam perjalanan pulang, saat berdua dirumah atau seketika terbersit satu nama untuk diberikan pendapat. Nah dari situ kita diskusi, nama apa yang pas untuk anak kita nanti. Tentu, saat usia kehamilan tujuh bulan, kita bisa mendapat prediksi jenis kelamin si jabang bayi, tapi kita selaku orang tua tetap memberikan 2 nama pilihan, laki-laki dan perempuan.

Syailendra, nama raja dari kerajaan wangsa Syailendra
Sakha, dalam bahasa Arab artinya dermawan, murah hati, pemurah.
Pradipta dalam bahasa Indonesia ataupun sansekerta mempunyai arti “Terang, bercahaya”.

Pemaknaan dari Syailendra Sakha Pradipta adalah seorang pemimpin laki-laki (raja) yang dermawan, murah hati, yang mampu memberikan ‘terang dan cahaya’ bagi kehidupannya, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Beberapa komentar dari keluarga mengenai nama tersebut cukup beragam, seperti Inyi (Kakek)nya dalam mengartikan Sakha dalam bahasa Padang – daerah di Sumatera Barat yang juga kota asalnya, Sakha ini mengandung arti manis, perumpamaannya manis gula jawa. Makanya Inyi-nya selalu bilang manis saat menyapa Sakha.

Advertisements

3 Comments

  1. […] RS Bersalin Kartini Jakarta Selatan, di hari kedua pasca kelahiran (24/11/2015), Syailendra Sakha Pradipta masih dalam perawatan tim dokter disana. Nampak dalam ruangan kaca khusus bayi, Sakha biasa kita […]

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s