Home » PAGE 3.2 - Berita Koran » RI dan Korea Perkuat Kerja Sama

RI dan Korea Perkuat Kerja Sama

SEOUL, KOMPAS — Pimpinan parlemen Indonesia dan Korea Selatan bertekad terus memperkuat kerja sama kedua negara dalam berbagai hal, terutama di bidang pertahanan. Kedua negara juga saling berbagi pengalaman dalam membangun kedisiplinan dan demokrasi.

Hal ini terungkap dalam pertemuan antara Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman dan Ketua Parlemen Korsel Chung Ui-hwa saat Irman melakukan kunjungan resmi ke Korsel, seperti dilaporkan wartawan Kompas, Hamzirwan Hamid, dari Seoul, Korsel, Senin (7/12). Wakil Ketua DPR Agus Hermanto dan Duta Besar RI untuk Korsel John A Prasetio ikut hadir dalam pertemuan itu.

Dalam pertemuan tertutup tersebut, Irman berterima kasih atas dukungan Parlemen Korsel dalam Konferensi Ketua Parlemen Meksiko, Indonesia, Korsel, Turki, dan Australia (MIKTA) beberapa waktu lalu. Irman juga mengapresiasi terbentuknya Dewan Kemitraan Korsel-Indonesia yang akan memperkuat kerja sama kedua negara.

Korsel termasuk negara maju yang sudah memiliki industri baja, perkapalan, otomotif, dan alat utama sistem persenjataan. Kementerian Pertahanan Indonesia dan Korsel telah bekerja sama membangun pesawat tempur dengan melibatkan sejumlah ahli dari kedua negara.

Irman mengatakan, pihaknya terus berupaya meyakinkan pemerintah dan Parlemen Korsel agar terus meningkatkan kerja sama saling menguntungkan dengan Indonesia. Bahkan, DPD juga menggandeng sejumlah pihak yang aktif menjalankan program-program pengembangan karakter dan pemberdayaan masyarakat Korsel untuk bekerja sama di Indonesia.

“Kami terus mendorong agar kerja sama bilateral yang sudah berjalan selama ini terus ditingkatkan. DPD juga terus membuat berbagai kegiatan untuk menggairahkan ekonomi daerah,” ujar Irman.

Irman mengatakan, pertumbuhan ekonomi daerah yang dipacu kegairahan investasi sangat bergantung pada komitmen politik para elite. Menurut dia, para pemimpin daerah juga harus memahami hal ini dengan menjalankan praksis politik yang kondusif sehingga investor merasa nyaman berinvestasi.

Sementara itu, John menambahkan, hubungan bilateral RI dan Korsel sudah berjalan lama. Menurut dia, investor Korsel juga masih menjadikan Indonesia salah satu tujuan investasi, terutama untuk sektor padat karya.

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 8 Desember 2015, di halaman 2 dengan judul “RI dan Korea Perkuat Kerja Sama”.

Advertisements

Darkwin Web's Official

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s